Aslihatun, Umi Fuadha (2020) PENERAPAN CONTENT MARKETING DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ATOURIN. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
2. BAB I.pdf Download (268kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Download (375kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
1. COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (235kB) |
|
Text
Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Jurnal PA 201621203.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
Abstract
Pada Juni 2019 tercatat sebanyak 171 juta pengguna internet di Indonesia dan setiap tahun pengguna internet tumbuh 10,2% atau 27 juta jiwa. Seiring dengan kebutuhan wisatawan, terdapat perusahaan yang memberikan inovasi dengan memanfaatkan teknologi dan internet untuk menyediakan informasi seputar rencana perjalan wisata atau itinerary dengan mudah, Ia adalah Atourin. Atourin merupakan perusahaan start-up pada bidang konsultan perjalanan yang didirikan berdasarkan permasalahan terkait jarang tersedianya informasi wisata yang lengkap dan akurat, sulitnya mendapatkan itinerary atau jadwal perjalanan wisata yang sesuai keinginan dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan rencana perjalanan wisata. Pada pelaksanaanya, banyak itinerary yang belum dijangkau oleh audiens atau wisatawan. Content marketing dapat mengatasi permasalahan terkait dengan audiens yang rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan content marketing di media sosial Instagram Atourin dengan melihat lima faktor yaitu relevan, menarik, menghibur, bernilai, dan konsisten. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survei, wawancara dan studi pustaka. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden yang merupakan pengguna media sosial Instagram sebanyak 205 orang. Objek dari penelitian ini yaitu konten-konten dalam bentuk foto, video, dan infografis. Data untuk mengukur penerapan content marketing diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian, penilaian terhadap penerapan content marketing di media sosial Instagram Atourin sudah baik. Namun terdapat beberapa aspek yang masih perlu ditingkatkan lagi seperti aspek pada faktor menarik, bernilai, dan konsisten. Rekomendasi yang diberikan yaitu penggunaan pertanyaan pada konten, peningkatan intensitas konten yang bersifat informatif, memberikan konten yang membantu memecahkan masalah, dan pembagian random content. Kata kunci: Penerapan Content Marketing, Content Marketing, Itinerary, Konten Instagram
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Pengaturan Perjalanan |
Depositing User: | Anggia Quamella |
Date Deposited: | 21 Aug 2022 07:09 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 06:16 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/114 |
Actions (login required)
View Item |