Gabriel, Leorah (2020) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI HORISON HOTEL CILEDUG JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
S_201621236_BAB I.pdf Download (56kB) |
|
Text
S_201621236_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
Text
S_201621236_BAB III.pdf Download (110kB) |
|
Text
S_201621236_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
|
Text
S_201621236_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
S_201621236_COVER_merged.pdf Download (335kB) |
|
Text
S_201621236_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
S_201621236_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari pelaksanaan Customer Relationship Marketing terhadap loyalitas pelanggan, khususnya member di Horison Hotel Ciledug Jakarta Selatan dikarenakan adanya target penjualan kamar terhadap member yang tidak tercapai pada bulan-bulan tertentu. Data yang digunakan oleh peneliti adalah data yang berasal dari hasil kuesioner yang telah dibuat dan disesuaikan berdasarkan teori dari Customer Relationship Marketing dan loyalitas pelanggan yang kemudian disebar kepada beberapa member sebagai responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan dua variabel, yaitu Customer Relationship Marketing sebagai variabel bebas (variabel X) , dan loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat (variabel Y). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Customer Relationship Marketing memiliki hubungan yang positif, dengan persamaan regresi linear yaitu Y= 1,891 + 0,293 X. Kemudian, adanya pengaruh yang signifikan dan dominan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 78% dengan tingkat loyalitas secara keseluruhan sebesar 82,22 %, yang berarti member dari Horison Hotel Ciledug tergolong sangat loyal. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah agar pihak hotel mampu mengembangkan ciri khas dari setiap pelaksanaan sub-variabel Customer Relationship Marketing dan melakukan evaluasi secara berkala sehingga dapat mempertahankan atau bahkan semakin meningkatkan loyalitas pelanggan, khususnya para member. Kata Kunci : Customer Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > S1 Studi Akomodasi Katering |
Depositing User: | Fakih Zulfa |
Date Deposited: | 27 Aug 2022 04:28 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 03:48 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/422 |
Actions (login required)
View Item |