PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI HORISON HOTEL CILEDUG JAKARTA SELATAN

Gabriel, Leorah (2020) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI HORISON HOTEL CILEDUG JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
S_201621236_BAB I.pdf

Download (56kB)
[img] Text
S_201621236_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
S_201621236_BAB III.pdf

Download (110kB)
[img] Text
S_201621236_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
S_201621236_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
S_201621236_COVER_merged.pdf

Download (335kB)
[img] Text
S_201621236_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
S_201621236_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari pelaksanaan Customer Relationship Marketing terhadap loyalitas pelanggan, khususnya member di Horison Hotel Ciledug Jakarta Selatan dikarenakan adanya target penjualan kamar terhadap member yang tidak tercapai pada bulan-bulan tertentu. Data yang digunakan oleh peneliti adalah data yang berasal dari hasil kuesioner yang telah dibuat dan disesuaikan berdasarkan teori dari Customer Relationship Marketing dan loyalitas pelanggan yang kemudian disebar kepada beberapa member sebagai responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan dua variabel, yaitu Customer Relationship Marketing sebagai variabel bebas (variabel X) , dan loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat (variabel Y). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Customer Relationship Marketing memiliki hubungan yang positif, dengan persamaan regresi linear yaitu Y= 1,891 + 0,293 X. Kemudian, adanya pengaruh yang signifikan dan dominan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 78% dengan tingkat loyalitas secara keseluruhan sebesar 82,22 %, yang berarti member dari Horison Hotel Ciledug tergolong sangat loyal. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah agar pihak hotel mampu mengembangkan ciri khas dari setiap pelaksanaan sub-variabel Customer Relationship Marketing dan melakukan evaluasi secara berkala sehingga dapat mempertahankan atau bahkan semakin meningkatkan loyalitas pelanggan, khususnya para member. Kata Kunci : Customer Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product
Divisions: Jurusan Perjalanan > S1 Studi Akomodasi Katering
Depositing User: Fakih Zulfa
Date Deposited: 27 Aug 2022 04:28
Last Modified: 29 Nov 2022 03:48
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item