PENGARUH MEDIA SOSIAL MARKETING TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN DI DESTINASI WISATA KALIBIRU KULON PROGO

Dwiyana, Larasati Vijanagratia (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL MARKETING TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN DI DESTINASI WISATA KALIBIRU KULON PROGO. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
S_201721745_BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
S_201721745_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
S_201721745_BAB III.pdf

Download (341kB)
[img] Text
S_201721745_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
S_201721745_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
S_201721745_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
S_201721745_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
S_201721745_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)

Abstract

Media Sosial Marketing merupakah strategi yang dilakukan oleh pelaku usaha sebagai upaya suatu Organisasi atau Instansi untuk mempromosikan bisnis atau destinasi. Salah satu destinasi yang sudah memanfaatkan Media Sosial Marketing sebagai strategi pemasarannya untuk menarik wisatawan adalah Destinasi Wisata Kalibiru Kulon Progo. Destinasi wisata ini dulunya memiliki sejarah sebagai Hutan Kemasyarakatan yang dikelola oleh Lembaga Swadaya Masyarakat yaitu Yayasan Damar, lalu seiring berjalannya waktu Hutan Kemasyarakatan beralih fungsi menjadi destinasi wisata yang diharapkan mampu menjadi salah satu kegiatan alternatif bagi masyarakat sekaligus pengelola dalam melestarikan hutan secara ekonomi dan tetap menerima pendapatan dengan tujuan mensejahterakan masyarakat. Destinasi Wisata Kalibiru Kulon Progo yang didirikan pada tahun 2010 ini mulai menggunakan atau memanfaatkan Media Sosial Marketing khususnya Instagram pada tahun 2015 karena melihat banyaknya pengguna Media Sosial Instagram dilihat dari data penelitian yang keluarkan oleh APJII (Asosiasi Jasa Internet Indonesia), pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan pada tahun 2020, yaitu mencapai 196,7 juta atau 73,7% dari populasi. Hal tersebutmenjadi peluang besar bagi pengelola usaha seperti pengelola Destinasi Wisata Kalibiru Kulon Progo untuk memasarkan destinasinya dengan memanfaatkan Digital Marketing melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Sosial Marketing terhadap tingkat kunjungan di Destinasi Wisata Kalibiru Kulon Progo. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melalui metode deskriptif dengan alat bantu SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh Media Sosial Marketing berdampak signifikan atau positif yaitu sebesar 51,2% terhadap tingkat kunjungan wisatawan di Destinasi Wisata Kalibiru Kulon Progo. Kata kunci: Digital Marketing, Media Sosial Marketing, Instagram, Destinasi Wisata

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product
Divisions: Jurusan Kepariwisataan > S1 Studi Destinasi Pariwisata
Depositing User: Anggraeni Pratiwi
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:31
Last Modified: 16 Nov 2022 05:51
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item