PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP DAYA TARIK WISATA PANTAI BENTAR DI KABUPATEN PROBOLINGGO

Anisa, Amaliyatus Sholihah (2022) PERSEPSI WISATAWAN TERHADAP DAYA TARIK WISATA PANTAI BENTAR DI KABUPATEN PROBOLINGGO. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
S_201822520_BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
S_201822520_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
S_201822520_BAB III.pdf

Download (618kB)
[img] Text
S_201822520_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
S_201822520_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
S_201822520_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
S_201822520_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
S_201822520_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)

Abstract

Pantai Bentar merupakan salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Probolinggo. Letaknya yang berada di jalur lintasan Jawa-Bali menjadikan Pantai Bentar kawasan yang strategis sebagai sebuah daya tarik wisata, sehingga sangat memungkinkan untuk dilakukan lebih banyak pengembangan dalam upaya meningkatkan kualitas destinasi sehingga dapat mempengaruhi pertimbangan wisatawan untuk berwisata. Tidak hanya produk wisata, persepsi juga mempengaruhi kunjungan wisatawan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi wisatawan terhadap Pantai Bentar dinilai dari komponen daya tarik wisata yaitu attraction, amenities, access dan ancillary service. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling dan convenience sampling dengan alat pengumpul data berupa pedoman wawancara dan kuesioner. Dari data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner terhadap 385 sampel, dapat diketahui bahwa mayoritas wisatawan mempersepsikan positif terhadap daya tarik wisata Pantai Bentar, namun masih terdapat beberapa aspek yang dinilai negatif seperti keunikan destinasi, ragam atraksi penunjang, ketersediaan akomodasi, pemandu wisata serta biro perjalanan sehingga perlu dilakukan peningkatan terhadap aspek-aspek tersebut. Dengan melakukan uji chi square, dapat diketahui bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik wisatawan yang meliputi jenis kelamin, usia, asal daerah dan tahun kunjungan dengan persepsi wisatawan terhadap komponen attraction, amenities, access dan ancillary service. Kata Kunci: Persepsi; Atraksi; Aksesibilitas Amenitas; Ancillary Service.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Atraksi; Aksesibilitas Amenitas; Ancillary Service.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism
Divisions: Jurusan Kepariwisataan > S1 Studi Destinasi Pariwisata
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2022 05:50
Last Modified: 16 Nov 2022 02:06
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item