PREFERENSI WISATAWAN TERHADAP PRODUK WISATA DI PULAU TIDUNG KEPULAUAN SERIBU

Yehezkiel, Betsy Aldion (2022) PREFERENSI WISATAWAN TERHADAP PRODUK WISATA DI PULAU TIDUNG KEPULAUAN SERIBU. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
S_201721761_BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
S_201721761_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
S_201721761_BAB III.pdf

Download (255kB)
[img] Text
S_201721761_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
S_201721761_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
S_201721761_COVER.pdf

Download (672kB)
[img] Text
S_201721761_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
S_201721761_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi wisatawan terhadap produk wisata di Pulau Tidung Kepulauan Seribu selama pandemi COVID-19. Preferensi wisatawan didasari oleh karakteristik wisatawan yang meliputi demografi, karakteristik perjalanan, dan motivasi wisatawan. Dengan mengetahui karakteristik wisatawan, dapat menentukan segmentasi pasar. Pada segmentasi tersebut, wisatawan memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda terhadap produk wisata yang disukai. Produk wisata menjadi faktor dalam suatu pengambilan keputusan untuk wisatawan dalam melakukan kunjungan wisatawan. Dengan mengetahui hal tersebut maka preferensi wisatawan terhadap produk wisata dapat dikembangkan sesuai dengan segmentasi pasar agar dapat menarik kunjungan wisatawan lebih banyak. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Populasi penelitian adalah wisatawan nusantara yang pernah mengunjungi Pulau Tidung di masa pandemi pada Bulan April 2020- Desember 2021. Pengumpulan data responden dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Google Form dan disebar melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan analisis tabulasi silang untuk mengetahui segmentasi pasar terhadap produk wisata. Hasil dari penelitian ini adalah karakteristik wisatawan yang mengunjungi Pulau Tidung di masa pandemi didominasi oleh pelajar atau mahasiswa dalam rentang usia 18-24 tahun dengan tingkat pendapatan <Rp 5.000.000 dan berasal dari DKI Jakarta. Motivasi mereka dalam melakukan kunjungan wisatawan adalah untuk melihat pemandangan dan relaksasi. Mereka menghabiskan waktu selama 2 sampai 3 hari dan pergi pada saat hari biasa. Untuk preferensi wisatawan terhadap produk wisata, dari empat kategori usia memiliki preferensi yang berbeda-beda sesuai dengan minat dan tujuan mereka ke Pulau Tidung. Berdasarkan segmentasi tersebut, produk wisata dapat dikembangkan dengan menerapkan konsep ekowisata bahari yang berkelanjutan. Kata Kunci: Preferensi Wisatawan, Produk Wisata, Covid-19, Wisatawan Nusantara

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Preferensi Wisatawan, Produk Wisata, Covid-19, Wisatawan Nusantara
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism
Divisions: Jurusan Kepariwisataan > S1 Studi Destinasi Pariwisata
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2022 03:48
Last Modified: 28 Nov 2022 01:41
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/1386

Actions (login required)

View Item View Item