DAYA SAING DESTINASI PARIWISATA SURABAYA BERDASARKAN PENILAIAN WISATAWAN

ILA, HUDA PUSPITA DEWI (2020) DAYA SAING DESTINASI PARIWISATA SURABAYA BERDASARKAN PENILAIAN WISATAWAN. S2 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
T_201722444_BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
T_201722444_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
T_201722444_BAB III.pdf

Download (95kB)
[img] Text
T_201722444_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
T_201722444_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
T_201722444_COVER.pdf

Download (298kB)
[img] Text
T_201722444_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
T_201722444_ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mendalami dan menganalisis daya saing destinasi pariwisata Kota Surabaya berdasarkan penilaian wisatawan melalui pendekatan model terintegrasi Dwyer and Kim pada tingkat regional. Guna menilai daya saing industri pariwisata dapat menggunakan parameter daya saing dengan menerapkan enam komponen utama diantaranya sumber daya yang diwariskan (alam dan kebudayaan), sumber daya yang diciptakan, faktor pendukung, faktor situasi kondisional, faktor permintaan dan faktor manajemen destinasi yang selanjutnya dijabarkan ke dalam 69 indikator daya saing. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan informasi penelitian dikumpulkan dari 345 responden dengan menggunakan kuesioner. Informasi yang terhimpun selanjutnya diproses melalui analisis faktor. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penilaian wisatawan terhadap enam komponen daya saing destinasi Kota Surabaya tergolong tinggi yaitu: (1) sumber daya yang diwariskan 3,34 atau cukup baik; (2) sumber daya yang diciptakan 3,67 atau baik; (3) faktor pendukung 3,91 atau baik; (4) faktor situasi kondisional 3,76 atau baik; (5) faktor permintaan 3,69 atau baik; dan (6) faktor manajemen destinasi 3,19 atau cukup baik. Sedangkan berdasarkan hasil uji analisis faktor dari enam komponen utama model terintegrasi Dywer dan Kim terbentuklah 3 faktor baru yaitu (1) suprastructure supporting; (2) destination management and attraction; dan (3) destination efficiency (value). Kata kunci: daya saing destinasi, penilaian wisatawan, model terintegrasi Dwyer and Kim, analisis faktor.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Manajemen Bidang Pariwisata
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:49
Last Modified: 29 Nov 2022 07:08
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item