MOTIVASI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PAKET GEOWISATA DI EXOTIC JAVA TRAILS BANDUNG

Assa`Diyah, Nurul Syifa Maulana (2022) MOTIVASI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PAKET GEOWISATA DI EXOTIC JAVA TRAILS BANDUNG. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201822603_BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
PA_201822603_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
PA_201822603_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
PA_201822603_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
PA_201822603_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
PA_201822603_COVER.pdf

Download (752kB)
[img] Text
PA_201822603_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PA_201822603_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)

Abstract

ABSTRAK Terjadinya perubahan pada sektor pariwisata selama masa pandemi, mengakibatkan adanya perubahan orientasi konsumsi wisatawan dalam melakukan perjalanan. Dalam menghadapi perubahan tersebut, maka perlunya antisipasi dan penyesuaian pada produk-produk wisata agar sesuai dengan kebutuhan serta keinginan dari konsumen. Dalam membuat suatu paket wisata, biro perjalanan wisata perlu memahami motivasi dari calon konsumen. Terdapat dua faktor yang menjadi motivasi konsumen/wisatawan yaitu push factor dan pull factor. Exotic Java Trails merupakan salah satu biro perjalanan wisata yang menjual berbagai produk perjalanan, salah satu produk terbaru nya yaitu paket geowisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi push & pull factor dalam pembelian paket geowisata di Exotic Java Trails. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan terhadap 108 responden yang merupakan konsumen Exotic Java Trails dengan menggunakan teknik non- probabilitas melalui purposive sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pada variabel push factor, dimensi escape/melarikan diri berada di posisi pertama dengan nilai rata-rata sebesar 4,65 dengan kategori sangat setuju, sedangkan dimensi yang berada di posisi terendah pada variabel push factor adalah dimensi friendship dengan nilai rata-rata 4,49 dengan kategori sangat setuju. Dan pada variabel pull factor, dimensi organizing the trip/pengaturan perjalanan berada di posisi pertama dengan nilai rata-rata sebesar 4,55 dengan kategori sangat setuju, sedangkan dimensi yang berada di posisi terendah pada variabel pull factor adalah dimensi komunikasi dan hiburan dengan nilai rata-rata sebesar 3,18 dengan kategori netral. Dengan hasil tersebut, rekomendasi yang dapat penulis berikan yaitu mempertimbangkan pemilihan tempat yang akan dikunjungi, Exotic Java Trails dapat melakukan eksplorasi ke titik lain yang masih menjadi bagian dari cekungan Bandung yaitu ke salah satu singkapan danau Bandung purba di kawasan Cikapundung bagian selatan Bandung yang berada di sekitar Jalan Sukaati dan menyediakan program acara seperti diskusi antar peserta tur untuk menciptakan interaksi sosial dengan minat dan hobi yang sama agar dapat terciptanya hiburan melalui diskusi tersebut. Kata Kunci: Motivasi Konsumen, Push Factor, Pull Factor, Paket Geowisata

Item Type: Thesis (D4)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Motivasi Konsumen, Push Factor, Pull Factor, Paket Geowisata
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Bisnis Perjalanan
Depositing User: Reza Rangkuti
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:24
Last Modified: 16 Dec 2022 03:24
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item View Item