Tiara, Fitriani (2023) PENGELOLAAN INTERAKSI INSTAGRAM MUSEUM PENDIDIKAN NASIONAL UPI KOTA BANDUNG. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
PA_201923204_BAB I.pdf Download (267kB) |
|
Text
PA_201923204_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
PA_201923204_BAB III.pdf Download (91kB) |
|
Text
PA_201923204_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (798kB) |
|
Text
PA_201923204_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
|
Text
PA_201923204_COVER.pdf Download (516kB) |
|
Text
PA_201923204_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
PA_201923204_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
Abstract
Sedikitnya jumlah interaksi antara pengelola dengan audiens pada Instagram Museum Pendidikan Nasional UPI menunjukkan bahwa interaksi di Instagram MPN UPI belum optimal. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang pengelolaan interaksi Instagram pada Museum Pendidikan Nasional Museum UPI untuk meningkatkan jangkauan audiens dengan menggunakan tiga elemen untuk mengelola interaksi media sosial menurut Jaakonmäki, Müller, dan vom Brocke (2017) antara lain creator-related features, contextual features, dan content features. Metode yang diaplikasikan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan teknik alat bantu berupa wawancara dengan pengelola dan pengunjung serta observasi terhadap media sosial MPN UPI dan media sosial lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelola masih kurang berperan untuk meningkatkan interaksi dengan audiens, karena dilihat dari rata – rata suka dan komentar jumlah interaksinya masih belum optimal, serta tipe konten yang disukai oleh pengunjung adalah konten yang mengandung visualisasi dan informasi yang menarik, foto yang enak dilihat dan video yang singkat serta informatif. Pada penelitian ini menghasilkan rekomendasi mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merancang sebuah pengelolaan interaksi instagram. Antara lain yaitu melihat insight instagram, mengunggah konten dengan visualisasi dan teks yang menarik serta dapat meningkatkan interaksi antara pengelola dengan audiens pada media sosialnya. Kata Kunci : Interaksi media sosial, instagram, Museum Pendidikan Nasional UPI
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi media sosial, instagram, Museum Pendidikan Nasional UPI |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Kepariwisataan > D4 Destinasi Pariwisata |
Depositing User: | Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 00:40 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 00:40 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2372 |
Actions (login required)
View Item |