MOTIVASI WISATAWAN PADA WISATA KREATIF DI ELINA KERAMIK STUDIO, BANDUNG

Shavira, Ambonita Iskananda (2023) MOTIVASI WISATAWAN PADA WISATA KREATIF DI ELINA KERAMIK STUDIO, BANDUNG. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201923333_BAB I.pdf

Download (598kB)
[img] Text
PA_201923333_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
PA_201923333_BAB III.pdf

Download (798kB)
[img] Text
PA_201923333_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
PA_201923333_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
PA_201923333_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PA_201923333_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
PA_201923333_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)

Abstract

Motivasi wisatawan adalah hal yang mendasari keputusan wisatawan dalam menentukan destinasi atau atraksi wisata yang akan dikunjungi. Keputusan ini juga dipengaruhi oleh preferensi, pengalaman, dan informasi yang diperoleh oleh wisatawan. Motivasi wisatawan dipengaruhi oleh dua faktor yaitu Faktor Pendorong dan Faktor Penarik. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui Motivasi Wisatawan pada Wisata Kreatif di Elina Keramik Studio, Bandung. Elina Keramik Studio merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang seni kriya keramik yang memiliki program Workshop Pottery Class. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan skala pengukuran skala likert. Kuesioner disebarkan kepada 100 responden yaitu wisatawan yang mengunjungi Elina Keramik Studio yang ditemui oleh penulis pada bulan Mei – Juni 2023. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi wisatawan untuk berkunjung ke Elina Keramik Studio didominasi oleh faktor pendorong karena aktivitas membuat keramik merupakan minat yang spesifik, sehingga diperlukan motivasi tinggi dari dalam diri wisatawan, yaitu keinginan untuk memperluas pengalaman, sedangkan yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Elina Keramik Studio yaitu biaya yang dikeluarkan sepadan dengan pengalaman yang didapatkan. Pada faktor pendorong terdapat indikator yang masih perlu ditingkatkan yaitu keinginan untuk mendapat teman baru dan pada faktor penarik yang perlu ditingkatkan adalah fasilitas lahan parkir. Dari segi faktor pendorong penelitian ini merekomendasikan kepada pihak Elina Keramik Studio untuk membuat promosi pada waktu dan event tertentu, merancang program Open Trip, memberikan edukasi mengenai manfaat hobi Pottery bagi kesehatan melalui interpretasi dan membuat campaign di media sosial. Dari segi faktor penarik rekomendasi yang diberikan adalah menyarankan agar Elina Keramik Studio mencari alternatif area parkir dan merancang promo bundling workshop & food. Kata Kunci: Motivasi Wisatawan, Faktor Pendorong, Faktor Penarik, Wisata Kreatif, Elina Keramik Studio.

Item Type: Thesis (D4)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Wisatawan, Faktor Pendorong, Faktor Penarik, Wisata Kreatif, Elina Keramik Studio.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Ofi Mulyana
Date Deposited: 01 Mar 2024 03:00
Last Modified: 01 Mar 2024 03:00
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2463

Actions (login required)

View Item View Item