Rebecca, Angelia Bitti (2024) PELUANG PASAR JASA EVENT ORGANIZER DALAM ACARA ADAT RAMBU SOLO’ DI TORAJA SULAWESI SELATAN. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
PA_201923304_BAB I.pdf Download (230kB) |
|
Text
PA_201923304_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
PA_201923304_BAB III.pdf Download (155kB) |
|
Text
PA_201923304_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
PA_201923304_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
PA_201923304_COVER.pdf Download (620kB) |
|
Text
PA_201923304_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
PA_201923304_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
Abstract
Dalam penyelenggaraan event sudah mulai terjadi pergeseran dalam pihak pengorganisasinya, yang sebelumnya langsung diatur dan dilaksanakan oleh keluarga maupun orang terkait. Namun untuk mengefisiensikan waktu dan tenaga kerja, mereka beralih menggunakan pihak event organizer (EO) termasuk pada cultural event khususnya acara adat. Salah satu acara adat di Indonesia yaitu Rambu Solo’ cukup menarik perhatian karena prosesi yang lama dan memakan biaya yang besar. Rambu Solo’ menjadi acara adat yang masih dilakukan secara turun menurun sampai sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan adanya kesempatan untuk membangun usaha jasa event organizer pada acara adat Rambu Solo’. Untuk menemukan peluang tersebut, perlu dilandasi dengan studi kelayakan bisnis sehingga bisa diputuskan apakah ide bisa dijalankan ataupun tidak dengan meninjau dari aspek pasarnya, yang berfokus meneliti pada segmentasi pasar. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan analisis menggunakan SWOT (strengths, weakness, opportunities, dan threats) dengan mempertimbangkan Internal Strategic Faktors Analysis Summary (IFAS) untuk menganalisis kekuatan serta kelamahan sehingga dapat menciptakan peluang pasar untuk produk yang tersedia dan External Strategic Faktors Summary (EFAS) untuk menganalisis peluang dan ancaman dalam mengembangkan potensi industri yang ada. Wawancara dan studi literatur digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa event organizer pada acara adat Rambu Solo’ memiliki peluang yang sangat baik untuk dilaksanakan ditinjau dari dimensi pada segmentasi pasar. Kata Kunci: Event Organizer; Aspek Pasar dan Pemasaran; Studi Kelayakan Bisnis
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Event Organizer; Aspek Pasar dan Pemasaran; Studi Kelayakan Bisnis |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Pengelolaan Konvensi Dan Acara |
Depositing User: | firman Firman Rahmat |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 02:08 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 02:08 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2515 |
Actions (login required)
View Item |