Natashya, Livia Budianto (2024) PELAKSANAAN PROGRAM KESEJAHTERAAN KARYAWAN DI HOTEL X JAKARTA. D4 thesis, POLTEKPAR NHI BANDUNG.
|
Text
PA_2020309039_BAB I.pdf Download (450kB) |
|
|
Text
PA_2020309039_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
|
|
Text
PA_2020309039_BAB III.pdf Download (262kB) |
|
|
Text
PA_2020309039_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
|
Text
PA_2020309039_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) |
|
|
Text
PA_2020309039_COVER.pdf Download (692kB) |
|
|
Text
PA_2020309039_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
PA_2020309039_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
Abstract
Pelayanan yang diberikan hotel berkaitan erat dengan sumber daya manusia sehingga perusahaan harus mengelola pekerjanya dengan baik untuk menciptakan kesetiaan pekerja, mengoptimalisasikan keterampilan dan waktu yang dimiliki, serta memberikan upaya terbaiknya dalam memajukan organisasi. Hotel X Jakarta memiliki core value yaitu “Put People First”, hotel ini sangat mengutamakan kesejahteraan karyawan. Program kesejahteraan karyawan yang dimiliki bernama take care activity, terbagi menjadi 3 (tiga) kategori yaitu: physical wellness, mental wellness, dan financial wellness. Program kesejahteraan karyawan Hotel X Jakarta sangatlah menarik dan memberikan banyak manfaat bagi para pekerja. Namun, rendahnya angka partisipasi program kesejahteraan karyawan sehingga manfaat dari program tidak dirasakan karyawan secara maksimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Observasi dan wawancara digunakan sebagai metode pengambilan data pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kesejahteraan karyawan yang diberikan sangat beragam, cukup bagus, menarik, dan bermanfaat bagi karyawan. Namun, beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya partisipan diantaranya adalah media penyampaian yang kurang optimal, kurangnya dorongan untuk mengikuti program, keterbatasan waktu yang dimiliki, waktu pelaksanaan dan jadwal kerja yang bertabrakan. Dari hasil penelitian tersebut, terdapat beberapa rekomendasi mengenai program kesejahteraan karyawan yang berjalan di Hotel X Jakarta yaitu media penyampaian program dapat dicantumkan melalui daily package, barcode mind matters dapat dicantumkan secara permanen pada daily package, barcode yang terdapat di EDR (Employee Dining Room) berisi seluruh informasi mengenai program kesejahteraan karyawan, proses pendaftaran dan waktu pelaksanaan yang diinformasikan satu minggu sebelumnya, menentukan waktu pelaksanaan program berdasarkan rendahnya workflow dan kondisi yang memungkinkan karyawan untuk mengikuti program, pemberian dispensasi, menginformasikan seluruh leader mengenai karyawannya yang mengikuti program, partisipasi leader akan membantu mendorong karyawan untuk mengikuti program take care activity, membuat kebijakan mengenai target partisipasi karyawan dalam mengikuti program kesejahteraan, program meditasi, dan career development program.
| Item Type: | Thesis (D4) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Jurusan Hospitality > D4 Pengelolaan Perhohtelan |
| Depositing User: | firman Firman Rahmat |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 04:02 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 04:02 |
| URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/3151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
