PENGARUH DESTINATION BRAND EXPERIENCE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION MELALUI KEPUASAN WISATAWAN SEBAGAI MEDIASI (STUDI ASOSIATIF BRAND “JOGJA ISTIMEWA” DI KOTA YOGYAKARTA)

Intan, Nurhayat (2020) PENGARUH DESTINATION BRAND EXPERIENCE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION MELALUI KEPUASAN WISATAWAN SEBAGAI MEDIASI (STUDI ASOSIATIF BRAND “JOGJA ISTIMEWA” DI KOTA YOGYAKARTA). S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
S_201621065_BAB I.pdf

Download (79kB)
[img] Text
S_201621065_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
S_201621065_BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
S_201621065_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
S_201621065_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
S_201621065_COVER.pdf

Download (539kB)
[img] Text
S_201621065_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
S_201621065_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)

Abstract

Brand dalam sebuah destinasi menjadi salah satu hal yang sangat penting, brand dapat menjadi alat untuk untuk memberikan differensiasi dan keunggulan kompetitif bagi destinasi pariwisata. Adanya gambaran positif destinasi dalam benak wisatawan diperlukan untuk mendapatkan competitive advantage yang sebenarnya. Sehingga penting dilihat bagaimana kinerja brand dalam memberikan gambaran positif pada destinasi, agar melihat brand tersebut dapat memberikan competitive advantage terhadap destinasi atau tidak. Kinerja brand dilihat melalui pengaruh brand terhadap Behavioral Intention wisatawan. Salah satu faktor yang mempengarungi Behavioral Intention yaitu Destination Brand Experience. Pengaruh antara Destination Brand Experience terhadap Behavioral Intention dipengaruhi secara langsung dan tidak langsung melalui Kepuasan Wisatawan . Konsep Destination Brand Experience dalam melihat sebuah kinerja dari brand di nilai memiliki evalusai yang lebih lengkap melalui dimensi sensory, affective, intellectual dan behavioral. Dilakukan pada brand Jogja Istimewa di Kota Yogyakarta dikarenakan adanya keluhan-keluhan wisatawan di Kota Yogyakarta yang dapat memberikan gambaran negatif terhadap destinasi. Mengingat Jogja Istimewa merupakan brand yang diberlakukan pada semua kota/kabupaten di DI Yogyakarta termasuk Kota Yogyakarta sehingga perlu dilihat bagaimana kinerja Jogja Istimewa dalam memberikan gambaran positif terhadap destinasi. Maka penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Destination Brand Experience terhadap Behavioral Intention wisatawan. Penelitian ini dilakukan dengan metode asosiatif pendekatan kuantitatif deskriptif. Jumlah sample yang digunakan sebesar 304 responden wisatawan nusantara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Destination Brand Experience Jogja Istimewa di Kota Yogyakarta telah dilakukan dengan baik. Kepuasan Wisatawan atas Destination Brand Experience Jogja Istimewa di Kota Yogyakarta berada pada tingkatan Puas, wisatawan juga menyatakan akan melakukan word of mouth positif dan melakukan kunjungan kembali. Kemudian antara variabel Destination Brand Experience terhadap Behavioral Intention memiliki pengaruh satu sama lain dengan melalui Kepuasan Wisatawan sebagai mediasi. Kata Kunci: Destination Brand Experience, Kepuasan Wisatawan dan Behavioral Intention.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product
Divisions: Jurusan Kepariwisataan > S1 Studi Destinasi Pariwisata
Depositing User: Fakih Zulfa
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:55
Last Modified: 29 Nov 2022 07:35
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item