PENGARUH PERSEPSI DAN SIKAP PENGGUNAAN PADA VIRTUAL TOUR TERHADAP MINAT BERKUNJUNG MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (STUDI PADA SITUS SURABAYA VIRTUAL TOURISM)

Annisa, Dwi Febrianty (2021) PENGARUH PERSEPSI DAN SIKAP PENGGUNAAN PADA VIRTUAL TOUR TERHADAP MINAT BERKUNJUNG MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (STUDI PADA SITUS SURABAYA VIRTUAL TOURISM). S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
S_201721739_BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
S_201721739_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
S_201721739_BAB III.pdf

Download (280kB)
[img] Text
S_201721739_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
S_201721739_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
S_201721739_COVER.pdf

Download (670kB)
[img] Text
S_201721739_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
S_201721739_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)

Abstract

Pada era digitalisasi saat ini, telah banyak bermunculan inovasi teknologi baru termasuk teknologi virtual reality (VR) yang memungkinkan penggunanya mengalami dan terlibat langsung di dalam aktivitas dunia virtual. Teknologi ini telah digunakan pada berbagai bidang termasuk pariwisata. Dalam industri pariwisata sendiri, teknologi virtual reality digunakan sebagai media komunikasi untuk mempromosikan produk pariwisata dengan menawarkan pengalaman kepada calon wisatawan untuk mengunjungi suatu destinasi secara virtual sebelum mereka melakukan kunjungan langsung yang kemudian sering disebut juga sebagai kegiatan virtual tour. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari variabel persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi kesenangan terhadap sikap penggunaan dan minat berkunjung secara langsung setelah menggunakan teknologi virtual tour pada Situs Surabaya Virtual Tourism berdasarkan konsep Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan convenience sampling dengan jumlah responden sebanyak 165 responden yang pernah melakukan kegiatan virtual tour pada situs Surabaya Virtual Tourism. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi manfaat berpengaruh terhadap sikap penggunaan virtual tour. Kemudian persepsi manfaat dan persepsi kesenangan berpengaruh terhadap minat berkunjung sedangkan persepsi kemudahan serta sikap penggunaan terbukti tidak berpengaruh terhadap minat berkunjung secara langsung. Kata Kunci : Technology Acceptance Model (TAM); Minat Berkunjung; Virtual Tour

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism
Divisions: Jurusan Kepariwisataan > S1 Studi Destinasi Pariwisata
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:52
Last Modified: 22 Nov 2022 08:17
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item