PENERAPAN CUSTOMER RETENTION MARKETING DI PT. AERO GLOBE

Nayana, Khalil (2020) PENERAPAN CUSTOMER RETENTION MARKETING DI PT. AERO GLOBE. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201621175_BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
PA_201621175_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
PA_201621175_BAB III.pdf

Download (47kB)
[img] Text
PA_201621175_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
PA_201621175_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
PA_201621175_COVER.pdf

Download (358kB)
[img] Text
PA_201621175_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PA_201621175_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)

Abstract

PT Aero Globe merupakan anak perusahaan dari Aero Wisata yang dipayungi langsung oleh Garuda Indonesia. PT. Aero Globe mempunyai dua departemen yaitu Aero Travel dan Aero Hajj. Penelitian ini membahas bagaimana penerapa customer retention marketing yang dilakukan Aero Travel sebagai upaya mempertahankan pelanggan. Pada saat prasurvey, peneliti menemukan fakta, bahwa Aero Travel tidak memiliki customer relationship management selama bertahun-tahun yang dimana divisi tersebut salah satu kegunaannya untuk mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Dalam penelitian ini, customer retention marketing terdiri dari kegiatan-kegiatan mulai dari identifikasi pelanggan, diferensiasi pelanggan, interaksi dengan pelanggan, dan penyesuaian produk dan pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan responden adalah branch manager Aero Globe. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara dan checklist observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aero Travel sudah menerapkan dengan baik konsep dari customer retention marketing mulai dari kegiatan identifikasi pelanggan, diferensiasi pelanggan, interaksi dengan pelanggan, dan penyesuaian produk dan pelayanan. Namun dalam mendiferensiasi pelanggan, Aero Travel tidak menerapkan diferensiasi berdasarkan nilai aktual tetapi menggunakan cara pemeringkatan berdasarkan transaksi yang dilakukan tanpa membeda-bedakan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Sehingga dalam penelitian ini diharapkan, Aero Travel dapat segera melakukan customer relationship management agar penerapan customer retention marketing berjalana lebih baik lagi. Kata kunci: Pemasaran, Hubungan pemasaran, Retensi pelanggan

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Bisnis Perjalanan
Depositing User: Anggia Quamella
Date Deposited: 21 Aug 2022 06:35
Last Modified: 29 Nov 2022 06:38
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item View Item