Yoseph, Oktavianus Ndate (2020) PENERAPAN DIGITAL MARKETING DI ROLAND TOUR & TRAVEL ENDE, FLORES. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
PA_201621181_BAB I.pdf Download (433kB) |
|
Text
PA_201621181_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
PA_201621181_BAB III.pdf Download (143kB) |
|
Text
PA_201621181_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
|
Text
PA_201621181_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
PA_201621181_COVER.pdf Download (667kB) |
|
Text
PA_201621181_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
PA_201621181_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
Abstract
Roland Tour & Travel merupakan sebuah perusahaan Biro Perjalanan Wisata yang kantornya terletak di Pulau Flores, tepatnya Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Biro Perjalanan Wisata dengan nama legalnya CV. Roland Tour & Travel berdiri pada tanggal 3 Desember 2011. Mereka menawarkan paket – paket wisata, tiket pesawat dan tiket kereta api, voucher hotel, jasa Event Organizer dan jasa pembuatan dokumen perjalanan, yakni pembuatan paspor. Untuk memasarkan produk tersebut, mereka menjalankan kegiatan pemasaran secara konvensional dan secara online melalui media digital marketing. Penelitian ini membahas bagaimana digital marketing yang dijalankan oleh Roland Tour & Travel. Konsep yang digunakan adalah konsep yang dikemukakan oleh Thomas Joseph bahwa kegiatan digital marketing harus menggabungkan elemen – elemen utama, yakni content, search engine optimizer, community web, social media, mobile apps dan customer relation management system. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data utama diperoleh dari hasil wawancara dengan pemilik dan Admin Roland Tour & Travel. Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa digital marketing yang dilakukan oleh Roland Tour & Travel sudah cukup baik. Konten yang ditampilkan sudah cukup baik, hanya saja perlu adanya jadwal khusus untuk penerbitan konten. Penerapan search engine optimizer juga sudah baik dengan menggunakan kata kunci yang umum digunakan oleh wisatawan pada google. Media sosial yang sering digunakan oleh mereka adalah instagram, hanya saja sudah lama tidak aktif dan diupdate. Untuk mempertahankan pelanggan, mereka menerapkan customer relation management melalui email dan WhatsApp, serta meningkatkan kualitas pelayanan. Namun, Roland Tour & Travel belum memiliki community web dan mobile apps sebagai media digital marketing mereka. Mereka sedang berusaha untuk mempelajari secara lebih mendalam tentang penerapan digital marketing, community web beserta fiturnya, serta mobile apps. Roland Tour & Travel juga tengah mempersiapkan fitur live chat yang akan ditambahkan ke dalam halaman website mereka. Kata kunci: Digital Marketing, Pemasaran, Strategi Pemasaran
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Bisnis Perjalanan |
Depositing User: | Anggia Quamella |
Date Deposited: | 21 Aug 2022 06:55 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 06:23 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/108 |
Actions (login required)
View Item |