STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA ERA PANDEMI COVID 19 OLEH DINAS PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF PROVINSI DKI JAKARTA

Firstian, Fransiscus (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PADA ERA PANDEMI COVID 19 OLEH DINAS PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF PROVINSI DKI JAKARTA. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201721770_BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
PA_201721770_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
PA_201721770_BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PA_201721770_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
PA_201721770_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
PA_201721770_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PA_201721770_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
PA_201721770_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)

Abstract

Memasuki awal tahun 2020, dunia diguncang dengan terdeteksinya virus sars cov-2 atau yang dikenal dengan covid-19. Hadirnya virus ini tidak dapat dipungkiri menjadikan dunia berstatus pandemi termasuk DKI Jakarta yang menjadi salah satu kota di dunia yang terkena dampak dengan hadirnya virus covid- 19. Diperlukannya penerapan strategi pemasaran dan strategi bauran pemasaran yang tepat agar menciptakan efisiensi demi mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan dengan menyesuaikan pada transisi- transisi kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang meliputi segmenting, targetting, positioning dan branding serta bauran pemasaran (Marketing mix) yang diterapkan oleh Disparekraf DKI Jakarta dalam meningkatkan kunjungan wistawan pada era pandemi covid 19 sekarang ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan alat bantu olahdata yaitu software Nvivo 12. Sumber data pada penelitian ini peneliti melakukan kunjungan langsung ke Disparekraf DKI Jakarta untuk melakukan wawancara dilengkapi dengan data - data studi dokumentasi. Peneliti menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Disparekraf DKI Jakarta yakni segmenting berupa penetapan segmen pasar berdasarkan pada segementasi geografis tanpa melakukan proses segmentasi pasar secara piskografis dan demografis, Targetting berdasarkan pada kuantitas wisatawan yang datang ke Jakarta dengan pendekatan undifferianted segment, Positioning berupa menempatkan DKI Jakarta sebagai destinasi pilihan berkunjung selain Bali, dan branding berupa menerjemahkan official branding Enjoy Jakarta kedalam keadaan yang real atau nyata dibenak wisatawan ditengah citra destinasi DKI Jakarta dibenak wisatawan yang terkenal akan kondisi lalu lintasnya yang macet dan kondisi cuaca yang panas didukung dengan pengadaan pencetakan buku promosi kedalam berbagai bahasa sesuai dengan target pasar dan segmentasi pasar yang telah ditentukan guna diberikan pada wisatawan yang berkunjung ke objek daya tarik di DKI Jakarta. Kata Kunci : Strategi pemasaran, Bauran Pemasaran, Covid 19.

Item Type: Thesis (D4)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Bauran Pemasaran, Covid 19.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product
Divisions: Jurusan Kepariwisataan > D4 Manajemen Destinasi Pariwisata
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2022 05:24
Last Modified: 16 Nov 2022 07:41
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item